CARA MENGURANGI RASA NYERI SAAT MENSTRUASI

CARA MENGURANGI RASA NYERI SAAT MENSTRUASI

Menstruasi merupakan siklus bulanan yang dialami oleh setiap wanita yang sudah mengalami masa pubertas. Merasakan nyeri pada perut saat sedang menstruasi memang menjadi hal yang umum. Biasanya seseorang merasakan nyeri mulai dari awal bahkan sampai menstruasi selesai. Nyeri bisa terasa ringan bahkan hingga terasa berat dan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Tingkat nyeri yang dirasakan saat menstruasi setiap wanita memang berbeda-beda. Biasanya rasa nyeri terkadang juga disertai rasa mual, sakit kepala bahkan kram pada perut. Masalah ini biasanya akan hilang dengan sendirinya tanpa harus diobati. Namun sebagian wanita biasanya mengalami masalah ini secara berkelanjutan dan lebih paran sehingga butuh penanganan. 

Nyeri saat menstruasi terjadi karena adanya peluruhan dinding rahim yang memicu kontraksi sehingga menimbulkan rasa nyeri. Nyeri haid juga terjadi ketika seseorang mengalami volume haid berlebihan dan seseorang yang perokok ataupun minum beralkohol. Bahkan nyeri saat haid juga bisa disebabkan adanya gangguan pada sistem reproduksi pada wanita. Tak sedikit wanita yang membutuhkan obat untuk meredakan rasa nyeri tersebut. Namun selain menggunakan obat, banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi nyeri haid, diantaranya:

  • Perbanyak minum air

Cara pertama yang bisa kamu lakukan yaitu dengan memperbanyak minum air. Dengan minum air akan membantu mengatasi perut kembung agar nyeri tidak semakin parah. Untuk mengatasinya sebaiknya kamu mengkonsumsi air hangat atau air panas. Sebab akan membantu meningkatkan aliran darah dan dapat mengendurkan otot yang kram. 

  • Kompres dengan air hangat bagian yang kram

Untuk mengurangi rasa nyeri saat menstruasi, kamu juga bisa mengompres bagian yang kram dengan air hangat. Dengan cara ini akan membantu meredakan rasa sakit dan membuat kamu menjadi lebih rileks. Untuk menggunakannya kamu bisa dengan mengisi botol dengan air hangat atau dengan bantal pemanas. Selain itu kamu juga bisa gunakan air hangat untuk kamu mandi. 

  • Menghindari jenis makanan tertentu

Seseorang yang sedang menstruasi pastinya akan memiliki nafsu makan yang bertambah. Namun walaupun nafsu makan bertambah, kamu juga harus memilih makanan yang tepat untuk dikonsumsi. Sebab tidak semua jenis makanan bisa dikonsumsi saat haid, bahkan beberapa jenis makanan malah bisa memperparah gejala saat haid. Beberapa makanan tersebut seperti, makanan berlemak, makanan asin dan lainnya. Bahkan juga minuman beralkohol dan minuman yang mengandung kafein. Untuk itu sebaiknya kamu menghindari konsumsi makanan dan minuman tersebut ketika sedang haid. 

  • Konsumsi kunyit

Kunyit memang sudah dikenal sejak lama sebagai obat tradisional yang memiliki banyak manfaat. Biasanya kunyit juga dikonsumsi sebagai obat untuk meredakan nyeri pada perut saat menstruasi. Hal ini karena kunyit mengandung kurkumin dan bahan kimia alami yang ada di dalamnya. Kandungan tersebut mampu menghambat produksi prostaglandin berlebih yang ada dalam rahim. Kunyit biasanya dikonsumsi dalam bentuk jamu atau ekstrak dari kunyit tersebut.

Nah demikianlah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi rasa nyeri yang kamu alami saat menstruasi. Namun jika kamu sudah mencoba beberapa cara tersebut tetapi rasa nyeri yang kamu rasakan belum mereda. Bahkan semakin parah disertai demam bahkan terdapat gumpalan darah dalam jumlah yang banyak. Maka sebaiknya kamu langsung melakukan konsultasi ke dokter sebelum keadaan semakin memburuk.